EFEK JARAK TANAM TERHADAP INTERAKSI HARA DAN MIKROBA PADA PERTUMBUHAN PADI SAWAH (Oryza sativa L.)

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Tanaman padi termasuk dalam tanaman pangan yang dibudidayakan oleh petani setiap musim tanam. Pola tanam dalam satu tahun bisa padi-padi-palawija atau padi-palawija-padi. Kebutuhan masyarakat Indonesia semakin meningkat, karena meningkatnya jumlah penduduk dan beras merupakan makanan pokok. Dalam usaha budidaya padi harus diperhatikan kesuburan tanah dan produksi yang dihasilkan.

Pemupukan perlu dilakukan untuk mengembalikan kesuburan dan kandungan hara sawah sehingga pertanaman padi dapat terus berlangsung dengan hasil seperti yang diharapkan. Pemberian unsur hara makro dan mikro yang seimbang sesuai kebutuhan tanaman merupakan hal utama yang harus dilakukan mengingat usur-unsur tersebut diperlukan untuk pertumbuhan dan produksi tanaman padi disamping hara makro dan mikro lainnya yang harus terpenuhi. Dalam pertumbuhan tanaman padi terdapat interaksi antara unsur hara dengan tanah dan tanaman. Untuk mengetahui interaksi tersebut harus diketahui tentang jumlah hara pada tiap fase, gerakan hara dari satu fase ke fase lain, faktor-faktor apa yang mempengaruhi tiap gerakan hara dan ada tidaknya interaksi dan dimana interaksi itu terjadi.

Jarak tanam mempengaruhi interaksi hara antara tanaman dan mikroba dalam tanah. Semakin sempit jarak tanam persaingan antara tanaman dan mikroba dalam tanah semakin besar dalam hal pemanfaatan hara. Oleh karena itu pemilihan jarak tanam harus diperhatikan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman dan kehidupan mikroba yang kelak akan menentukan kesuburan sawah pada musim berikutnya. Dengan jarak tanam padi yang cukup longgar akan memberi keleluasaan pertumbuhan anakan padi, sinar matahari maksimal diterima semua daun untuk berfotosintesis dan memproduksi gabah.

selengkapnya… klik disini!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s